Gue dan masa depan yang absurd

Orang bilang kalo hidup ini adalah pilihan dan gue baru merasakan kalo gue harus menentukan pilihan hidup ketika gue baru aja lulus SMA. Kegalauan tingkat kelurahan melanda diri gue yang masih begitu polos. Gue dihadapkan pada pilihan yang tidak biasa antara memilih untuk masuk universitas atau gue harus terlantar jadi pedagang gorengan dengan wajah yang terlanjur ganteng. Ini masalah serius, gue gak bakal rela kalo hidup gue berakhir di depan penggorengan, sedangkan temen-temen gue merasakan indahnya dunia kampus. Setelah memikirkan perbandingan yang sangat tidak adil ini akhirnya gue pun menentukan sikap dan memilih untuk kuliah. Bukan, bukan karena gue ingin melanjutkan cita-cita gue tapi karena kata orang anak kuliahan itu “keren”. Yap, dengan mantap dan hati yang kuat gue pun melangkahkan kaki untuk mendaftarkan diri gue ke sebuah universitas, negeri tentunya.

Karena gue polos,atau lebih tepatnya “bego”, gue ternyata melewatkan satu hal penting yang seharusnya dilakukan ketika seorang insan manusia ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal penting yang dengan bodohnya gue lupakan itu adalah

“Gue mau milih jurusan apa?”.

Gue kembali galau, kegalauan gue kali ini meningkat ke level universitas, gue mulai keringetan, perut mules, badan gemeteran, susah pup, dan terakhir gue inget tenyata waktu itu gue memang belum makan 3 hari, maklum lah, gue kan hanya seorang anak kost yang makannya cuma hari senen ama kamis doang itupun sekalian ama puasa sunnah (ya, gue terpaksa).
Kembali lagi ke masalah pilah-pilih jurusan, akhirnya daripada bingung, gue pun mutusin buat minta saran dari seorang teman yang namanya gue lupa (mohon maaf buat kamu yang namanya kulupakan, makanya punya nama itu jangan susah-susah, jadi lupa deh). Gue berharap dia bisa memberikan pencerahan dalam masalah yang melanda diri gue ini. Gue sms dia buat ketemuan, setelah ketemu dan ngobrol beberapa saat sama doi, satu jawaban yang gue dapet dari kawan yang gue lupakan namanya itu adalah :

“Milih jurusan itu harus disesuaikan dengan minat dan bakat yang lo punya lang”.

Gue inget banget kata-kata ini karena waktu itu dia ngomong sambil ngemilin upil, FYI, karena pada saat yang bersamaan gue lagi laper belum makan tiga hari,gue pun mencoba juga buat ikutan ngemilin upil, upil gue sendiri tentunya, abisnya kawan gue pelit sih gak mau bagi upil punya dia. Pada saat itulah gue menemukan bahwa ternyata upil bukanlah makanan atau lebih tepatnya “kotoran” yang pantas untuk dijadikan cemilan. Kering, lengket, hijau kehitaman, menjijikan dan asin, yah.. begitulah upil.
Balik lagi ke urusan kuliah, besoknya dengan bermodal kalimat wejangan yang gue dapet dari kawan gue itulah gue mulai membuat sebuah daftar dengan jujur dan blak-blakan :

DAFTAR MINAT DAN BAKAT
NAMA : Raditya dika
UMUR: 18 Tahun Lebih 3 hari 12 jam 30 detik.
HOBBY: Menggambar, Nonton miyabi, Tidur, Ngupil (kadang-kadang)
MINAT: Musik dan Olah raga.
BAKAT: Masih terpendam.

Gue baca daftar yang gue bikin ini berulang-ulang, entah karena gue kebanyakan makan upil atau emang otak gue yang terlanjur bego, gue tetep gak bisa nemuin jurusan apa yang bisa sesuai dengan minat dan bakat yang gue punya, gue sempet berfikir mungkin minat dan bakat gue terlalu banyak, akhirnya gue pun mencoba buat mix and match minat dan bakat gue dan hasilnya gue tuangkan dalam sebuah tabel untuk menganalisa kira-kira jurusan apa yang cocok buat gue, and here the table is:


Minat dan Bakat ----------> Jurusan yang cocok
Menggambar + nonton bokep ---> Teknik arsitektur bentuk tubuh (emang ada?)
Menggambar + tidur---> Seni melukis mimpi (emang bisa?)
Nonton miyabi + tidur---> Pendidikan Mimpi Basah (mulai aneh)
Nonton miyabi+ olah raga---> *Gue mulai gak tega buat nulisnya*
Nonton miyabi+ tidur + senam Lantai + olah raga + musik--->*Ngasah golok, ngunyah menyan, siap-siap mau ngebunuh kawan gue itu*


Fak men!, ternyata ini gak semudah membalikan telapak tangan, nentuin jurusan yang cocok buat kita ternyata lebih menguras keringat daripada ngupil pake jempol kaki, sambil maen gitar dengan posisi kayang. Omongan temen gue yang semula gue anggep bakal memberi pencerahan dan menuntun gue kejalan yang lurus, malah menjerumuskan gue kedalam jurang kesesatan yang….sesat abis!. Buat lo yang namanya gue lupakan:

You said you are my friend? No, you are shit man!!

Tapi, perjuangan gue gak berenti sampe disitu, gue gak mau berenti cuma gara-gara perkataan seonggok teman (ya, dia bukan manusia, sekarang gue anggap dia itu sebagai kotoran) yang udah bikin gue nge-down. Gue masih belum siap untuk mangkal di perempatan dengan menyandang titel “abang gorengan”, gue harus bisa milih jurusan, bagaimanapun caranya.

Gue baca lagi daftar minat dan bakat yang gue tulis sebelumnya, gue berfikir keras, sekeras beha baru yang masih kaku dan akhirnya gue pun mutusin buat milih jurusan sesuai dengan bakat gue yang paling normal dan berprikemanusiaan, yaitu “menggambar”. Walaupun gue sadar kalo skill menggambar gue gak lebih hebat dari simpase yang berkeliaran diragunan, setidaknya itulah hal paling positif yang bisa gue lakukan.

Finally, gua pun mulai ngisi formulir pendaftaran yang udah gue dapet sehari sebelumnya, gue inget banget gue duduk dipinggiran trotoar sebuah bank, walaupun keadaan sekitar lumayan rame, gue mencoba untuk tenang, pelan-pelan gue lingikerin pilihan-pilihan yang ada dikertas itu dengan pensil 2B sambil sesekali merhatiin mbak-mbak yang lewat dan berharap bisa menemukan 36B, lumayan bisa buat cuci mata.
Tapi ajaibnya, entah kenapa pas gue udah sampe kolom pemilihan jurusan, satu-satunya jurusan yang gue lingkerin adalah “PETERNAKAN”. Mungkin ini karena gue terlalu fokus merhatiin banyaknya cewek bohai yang lewat jadinya yang ada diotak gue cuma “susu, susu, dan susu”.

Gue sadar, gue memang bego, gue kebanyakan nonton film dewasa sebelum gue akil baligh ditambah lagi gue kebanyakan ngemilin upil. Gue gak pernah tau kalo jurusan peternakan itu kerjaanya ngurusin sapi bunting, bersihin kotorannya dan yang paling ekstrim mengacak-ngacak liang peranakannya, ini jelas banget gak ada hubungannya dengan menggambar.
Gue sempet pengen gantung diri, tapi setelah gue menyadari kalo korban gantung diri itu mukanya bakalan jelek banget, lebih jelek daripada andika kangen band disodomi babi hutan, gue pun mengurungkan niat gue untuk mengakhiri hidup ditiang gantungan. Kalaupun gue harus bunuh diri, setidaknya gue pengen mati dalam keadaan wajah yang imut.

Gue mengaku salah, gue sedih, gue nyari shower tapi gue sadar kalo dikosan gue gak ada showernya.
Gue pergi ke WC, gue cuma bisa nemuin jamban, gue nangis diatasnya, ngenyotin sunlight, sambil nutup idung nahan bau jamban yang bisa bikin gue sesak napas akut, dan menyimpan sebuah pertanyaan yang lumayan besar: “Tuhan apakah hidupku akan berakhir di hadapan penggorengan?”. Tuhan, ambil saja nyawaku…

Dari pengalaman gue yang sangat random ini, gue belajar banyak hal. Mungkin bener kata orang kalo hidup adalah pilihan tapi seharusnya kita sadar ketika kita akan menentukan sebuah pilihan,kita harus melakukan banyak pertimbangan apalagi itu berhubungan dengan masa depan kita.
Layaknya ketika lo mau jalan sama gebetan atau pacar, lo harus memilih pakaian mana yang pas, cocok, dan pantes buat lo pake. Seandainya lo mau pergi ke kondangan, tentunya lo harus pake pakaian rapi, celana bahan dan sepatu pantofel. Lain halnya ketika lo mau pergi berenang, cukup dengan sehelai kancut, lo bisa berenang dengan riang gembira menyelam seperti lumba-lumba.
Tapi apa yang terjadi ketika lo salah menentukan pilihan, misalnya lo pergi berenang dengan pakaian rapi, lengkap dengan celana bahan dan pantofel, atau lo pergi kekondangan cuma dengan sehelai kancut yang membalut selangkangan, lo gak cuma bakalan terlihat bodoh, tapi mungkin lo juga bakal berakhir babak belur di-bully tamu undangan, dijadiin babi guling, atau yang paling ekstrim diserang homo-homo yang kehausan kasih sayang sesama jenis. Mengerikan bukan?

Sama mengerikannya ketika gue milih jurusan peternakan, walaupun pada akhirnya gue diterima di jurusan itu, gue ngerasa kalo gue memilih baju yang salah, gue terlihat bodoh, bahkan sangat bodoh ketika gue mulai kuliah di jurusan ini, gue tidak merasakan ke-keren-an yang jadi alasan utama gue untuk kuliah. Gue harus puas dapet IP yang bisa bikin orangtua gue nangis, bahkan boker darah kalo ngeliatnya. Gue depresi, badan gue kurus, gue merasakan tekanan batin yang dalem, mungkin karna saking dalemnya, gue bisa nampung pup gue selama setahun disitu (maaf, gue lebay).

Tapi, pada ada akhirnya gue sadar, gue udah milih alasan yang tidak tepat ketika gue menentukan pilihan untuk kuliah pertama kali. Kuliah itu terlalu rumit, mahal, dan butuh perjuangan keras, kalo kita cuma sekadar mau mencari satu kata “keren” , kuliah punya makna yang lebih dalem lagi, lagi dan lagi. Gue merasa berdosa, gue gak mau kalo orang tua gue gak mau nganggep gue sebagai anaknya lagi cuma karena IP gue yang NASAKOM (nasib satu koma).
Gue pun memutuskan untuk berhenti kuliah dan ikut tes SNMPTN ditaun berikutnya. Yap, ini adalah keputusan terbesar dalam sejarah perjalanan hidup gue, gue harus lulus tes dijurusan yang tepat atau gue gak bakalan makan bangku kuliah sama sekali (kecuali kalo bangku kuliah bisa jadi sumber bahan makanan alternatif). Gue bekerja keras untuk mewujudkan pilihan gue itu, gue belajar dan berdoa karena gue gak mau jatoh dilubang yang sama, apalagi jatuh dilubang yang berbeda, gue mau sukses!

Di ending tulisan ini, gue pengen sedikit merubah tentang apa yang orang bilang kalo hidup ini adalah pilihan, menurut gue hidup bukan cuma sekedar memilih ataupun dipilih, ada yang lebih penting dari proses itu, yaitu tanggung jawab. Ya. Hidup adalah tanggung jawab, kita harus bertanggung jawab dengan apa yang kita pilih. Setidaknya sampai saat ini, rasa tanggung jawab lah yang membuat gue bertahan di jurusan yang gue pilih “PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS” gue ngerasa nyaman, gue ngerasa udah pake baju yang pas, gue bersyukur karna tuhan masih ngasih kesempatan kedua buat gue dalam menentukan masa depan. Tuhan emang selalu punya cara yang asik buat bikin hidup kita berwarna, bagaimanapun caranya yang seharusnya kita sadari adalah “god knows the best for us”.

Absolutely, Tuhan pasti tau yang terbaik buat kita, dan kewajiban kita sebagai umatnya adalah bersyukur dengan apa yang udah kita dapet. Sekarang gue bersyukur dengan apa yang udah gue dapet, gue gak mau ngecewain orang tua gue lagi, gue gak mau menyia-nyiakan masa depan, apalagi membiarkan diri gue terlihat bodoh dimata orang cuma untuk mengejar satu kata “keren”. Lo bakalan keren kalo lo bisa bertanggung jawab dengan pilihan lo.

So, be responsible with your choice buddy!!


Because your life, is not in her big breast but in your big brain. yeah, big brain!!

Salam kuper!


Write by @nauzaki on twitter Follow sekarang atau elo gue santet :p twitter.com/nauzaki

55 Responses to "Gue dan masa depan yang absurd"

  1. Lumayanlah bikin nyengir...

    Saran gue, nama blognya ganti aja, itu kalo lu mau blog lu dikunjungi dan dikomen. Kebanyakan netter tuh udah cerdas, terutama blogger2. Mereka nggak suka orang yang suka ikut2an atau tukang plagiat. Gitu sih,

    Btw ketimbaang Miyabi, gue lebih suka Sora Aoi... :D

    BalasHapus
  2. lucu bang
    mampir ke situs saya
    https://mrsynopsis21.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  3. asiik juga.. kalau gue lebih suka saori hara bro

    BalasHapus
  4. Aeru gan Mynewatekblogaddress.blogspot.com kunjungi juga gan

    BalasHapus
  5. Lucu bercmpur kata kata yg menjijikkan bang..parah ...sumpah parah banget

    BalasHapus
  6. Ending nya boleh juga keren bang

    BalasHapus
  7. bagus bang, saya suka bagian ngemilin upil. btw saya juga suka ngupil loh bang, jadi bisalah kalo mau di temeni ngupil. nanti kita tukaran upil untuk mengetahui rasa upil orang lain

    BalasHapus
  8. Menurut gw dia cerita apa adanya aja
    Tapi menarik buat gw.bagus

    BalasHapus
  9. Lanjutkan ceritanya karena ceritanya gokil dan menarik
    Jangan lupa untuk mengunjungi blog kami dibawah ini
    http://mesinantrianku.blogspot.co.id/
    http://newmesinantrian.blogspot.co.id/
    http;//mesinantrianmurahmalang.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  10. Menarik, gokil, menginspirasi,dan juha menghibur.

    BalasHapus
  11. Mampir ya ke valuegablog.blogspot.com

    BalasHapus
  12. PROMO KHUSUS MERDEKA HASHTAG OPTION 2018
    BRKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Bonus Deposit Merdeka 17%* T&C Applied
    - Bonus Cashbak Loss 4.5%** T&C Applied
    - Bonus Cashback Turnover 0.73%

    Periode trade mulai 17 Agustus 2018, 00.00 - 23.59 WIB
    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    BalasHapus
  13. Endingnya yang bagian tanggung jawab itu yang paling aku suka. Keren sih

    BalasHapus
  14. Numpang ya min ^^


    Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com!
    Bonus New Member bervariasi bossku, bossku tinggal pilih saja bonusnya!!!
    Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku,
    dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus
  15. Bagus banget
    Untuk kalian yang ingin membeli sepatu bola spech barricada bisa cek link di bawah ini
    sepatu bola spech barricada magna via @bukalapak https://www.bukalapak.com/p/olahraga/sepakbola-futsal/sepatu-bola/24hs0kw-jual-sepatu-bola-spech-barricada-magna?utm_source=apps

    BalasHapus
  16. ngakak juga bang...smoga sukses truss bang dikaa...
    jngn lupa kunjungi store ane bang https://tokopedia.link/KEbaEADb20

    BalasHapus
  17. Wearing warmer clothes helps slash energy costs as you go green. A light sweater offers 2 degrees of more warmth, and a heavy sweater adds 4 degrees. It's not necessary to wear so little at home, so out on a sweatshirt and save some cash!play bazaar satta king

    BalasHapus
  18. ngakak juga bang...smoga sukses truss bang dikaa...
    jngn lupa kunjungi store saya di https://tokopedia.link/ZcWqBFefxZ

    BalasHapus
  19. Lucu lucu bang video nya dan sangat menarik ,,,, dan yg ingin membeli barang" bagus silahkan kunjungi di https://tokopedia.link/ZcWqBFefxZ

    BalasHapus
  20. Admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indonesia
    banyak kejutan menanti para temen sekalian
    cuma di sini agent judi online dengan proses cepat kurang dari 2 menit :)
    ayo segera bergabung di fansbetting atau add WA :+855963156245^_^
    F4ns Bett1ng agen judi online aman dan terpercaya
    Jangan ragu, menang berapa pun pasti kami proseskan..
    F4ns Bett1ng

    "JUDI ONLINE|TOGEL ONLINE|TEMBAK IKAN|CASINO|JUDI BOLA|SEMUA LENGKAP HANYA DI : WWw.F4ns Bett1ng.COM

    DAFTAR DAN BERMAIN BERSAMA 1 ID BISA MAIN SEMUA GAMES YUKK>> di add WA : +855963156245^_^

    BalasHapus
  21. sumpah ceritanya hampir mirip dengan kehidupan gue bang

    BalasHapus
  22. Ngupilnya pake nasi bang...
    Biar kenyang 👉👈

    BalasHapus
  23. MENERIMA DEPOSIT VIA PULSA , DANA , OVO , GOPAY , BRILINK.

    Hanya disini bisa deposit pada saat bank OFFLINE
    * Bonus Depo hingga 200rb/hari
    * Menggunakan sistem yang aman tetapi tidak meribetkan pemain
    * Minimal Deposit dan Withdraw kita hanya 50.000 saja loh
    * Bank yang tersedia di LIGA IDOLA :
    BCA | Mandiri | BNI | BRI | Danamon | CIMB Niaga
    WA : +62 813-6131-2117
    FB: Channel Liga Idola

    BalasHapus
  24. Lucu dan menarik isi blognya jangan lupa klik link blog ini yang berkaitan dengan teknologi dan game.https://syuedfo.blogspot.com/2020/08/efek-gadget-pada-generasi-muda.html

    BalasHapus
  25. Kunjungi situs kami dan baca berbagai artikel menarik seputar permainan judi online
    langsung ja ke link di bawah ini guys.
    O iyaaaa makasih buat yang punya situs, semangat berkarya.
    Slot online Terlengkap

    BalasHapus
  26. assalamualaikum Ka Semoga allah selalu melindungi selalu yah ka, Disini aku mau promosi nih bagi kalian yg mau cari Pasminna mendingan cari Pasminna zoya damask scarf dehh di Lapak Hanna shopp bogor, Harganya mashaAllah sangt menarik sekali loh kualitas sudah tentu terjamin pastinya Ayo Kepoin Toko kami dgn kli Link https://m.bukalapak.com/p/fashion-wanita/jilbab-2571/segi-empat/1ko6bcf-jual-zoya-damask-scarf?from=product_owner_product_highlights&product_owner=normal_seller

    BalasHapus
  27. assalamualaikum Ka Semoga allah selalu melindungi selalu yah ka, Disini aku mau promosi nih bagi kalian yg mau cari Pasminna mendingan cari Pasminna zoya damask scarf dehh di Lapak Hanna shopp bogor, Harganya mashaAllah sangt menarik sekali loh kualitas sudah tentu terjamin pastinya Ayo Kepoin Toko kami dgn klik Link https://m.bukalapak.com/p/fashion-wanita/jilbab-2571/segi-empat/1ko6bcf-jual-zoya-damask-scarf?from=product_owner_product_highlights&product_owner=normal_seller

    BalasHapus
  28. assalamualaikum kakak,smogaa di lancarkan segala urusannya ya kak, jangan lupa kunjungi toko kami ya kak https://tokopedia.link/KEbaEADb20

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Assalamu'alaikum ka Radit semoga sehat selalu sukses trus buat k Radit jangan lpa mampirhttps://tokopedia.link/HntB2QsInlb

    BalasHapus
  31. Wah bagus bngt kk dn jgn lupa kunjungi crita ku https://aliatra.blogspot.com

    BalasHapus
  32. WELCOME BONUS NEW MEMBER 100% Berlaku hanya untuk SLOT ONLY Bonus : 100% Bonus maximal IDR 100.000 TO x9 Contoh : ( IDR 100.000 + IDR 100.000 (BONUS) = 200.000 x 9 = 1.800.000 Syarat dan Ketentuan : 1. Promosi ini hanya berlaku untuk member yang baru mendaftar di Tanahmassukses, dengan REKENING VALID 2. Minimal Deposit untuk mengambil promo ini IDR 50.000 3. Promosi ini harus diklaim melalui Customer Services kami, jika credit sudah dimainkan sebelum bonus di proses maka tidak sah. 4. Member yang melakukan penarikan dana setelah bonus di isi dengan disengaja / bonus hunter maka semua saldo akan kami tarik termasuk deposit anda (PENALTY). 5. Promosi ini tidak berlaku untuk member dengan deposit pulsa 6. Keputusan Tanahmassukses4D adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat, jika ditemukan kecurangan maka kami berhak menghanguskan Bonus anda dan deposit anda. 7. Syarat dan Ketentuan promosi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 8. Maximal WD untuk deposit IDR 50.000 adalah IDR 500.000 dan Maximal WD untuk deposit IDR 100.000 adalah IDR 1.000.000 9. Promo ini tidak berlaku untuk permainan MONEY ROLL, Space Man,Harbanero, Spade Gaming ataupun CASINO. 10. Memainkan permainan diluar ketentuan maka akan di ANULIR.

    search google: tanahmassukses.link

    BalasHapus
  33. Bonus New Member 100% SLOT ONLY

    - Promo ini berlaku untuk semua New Member di GarudaWisnu

    - Minimal Deposit IDR 50.000

    - Maksimal bonus IDR 200.000

    - Tidak berlaku untuk permainan HABANERO, Space Man, Spade Gaming & Money Roll

    - Minimum Withdraw IDR 50.000

    - Turn Over x10 Contoh : Deposit 50.000 + Bonus 50.000 = 100.000 x 10 = 1.000.000

    - Rekening yang di daftarkan harus VALID, jika tidak VALID maka akan di anulir.

    - Apabila terindikasi melakukan kecurangan dan bonus hunter maka pihak GARUDA WISNU akan menghanguskan semua saldo member ( Deposit + Bonus jika ada)

    - Hanya diperbolehkan memainkan game yang sesuai dengan promo yang diambil
    Keputusan GarudaWisnu adalah MUTLAK!!

    BalasHapus
  34. Bocoran Slot Gacor Dari Pragmatic Play
    Gates Of Olympus (Rtp 94%)
    Sweet Bonanza (Rtp 90%)
    Aztec Gems (Rtp 85%)
    Starlight Princess (Rtp 83%)
    Extra Juicy Megaways (Rtp 83%)
    PG Soft Gacor Di urutan kedua provider slot depo pulsa tanpa potongan terjago merupakan Pocker Games Soft. Pengembang mesin slot online gacor yang sudah berdiri pada tahun 2015 dan sudah mempunyai setidaknya 200 permainan.

    Bocoran Slot Gacor Dari PG SOFT
    Mahjong Ways 2 (Rtp 99%)
    Garuda Gems (Rtp 95%)
    Lucky Neko (Rtp 93%)
    Dreams Of Macau (Rtp 91%)
    Double Fortune (Rtp 90%)
    Joker123 Gaming – Joker Gaming merupakan salah satu provider mesin slot online depo pulsa yang benar-benar populer di Indonesia. Berasal dari Tiongkok sehingga tidak heran mempersembahkan permainan mengasyikan berteknolgi canggih HTML5 benar-benar maksimal dimainkan di perangkat seluler.

    Bocoran Slot Gacor Dari Joker123
    Roma (Rtp 97%)
    Golden Dragon (Rtp 96%)
    Power Stars (Rtp 95%)
    Hot Fruit (Rtp 94%)
    Hercules (Rtp 93%)
    Bocoran Slot Gacor Dari Habanero

    5 Lucky Lions (RTP 94%)
    Taberna Muertos (RTP 93%)
    Arcane Elements (RTP 95%)
    Rolling Roger (RTP 90%)
    Santa’s Village (RTP 89%)
    Untuk info komplit dan terkini karenanya silahkan kunjungi : bocoran rtp slot pragmatic hari ini untuk update info bocoran rtp slot gacor terkini paling jitu dan top global jackpot slot percentage di Situs Slot gacor ya ges.


    Jadwal Jam Kemujuran Slot Gacor Hari Ini Winrate Tinggi Pada Bulan Januari :
    Jam Slot Gacor Pragmatic Mulai 00:00 WIB – Jam 02:20 WIB
    Jam Slot Gacor Pragmatic Mulai 04:45 WIB – Jam 07:15 WIB
    Jam Slot Gacor Pragmatic Mulai 09:02 WIB – Jam 12:25 WIB
    Jam Slot Gacor Pragmatic Mulai 14:35 WIB – Jam 18:30 WIB
    Jam Slot Gacor Pragmatic Mulai 20:00 WIB – Jam 23:20 WIB

    search google : https://banditslot188.com

    BalasHapus
  35. https://westin777.ligatms.online/

    BalasHapus

wdcfawqafwef